Melihat Perkembangan Bayi Umur 4 Bulan

Mendengar bayi berceloteh dengan beberapa kata khasnya tentunya membuat orang mendengarnya akan terasa bahagia, terutama orang tuanya. Memasuki perkembangan bayi 4 bulan beberapa komunikasi tersebut mulai bisa didengarkan. Bahkan memasuki umur 4 bulan sudah bisa mengubah posisi tengkurap menjadi telentang.

Memasuki umur segini tentunya sudah banyak peningkatan dan perubahan pada si kecil, baik dari berat badan, tinggi badan dan tingkah lakunya yang menggemaskan. Menariknya lagi dalam tahap atau umur 4 bulan, si kecil mulai untuk memahami dan mencoba berkomunikasi dengan orang tua nya, meskipun belum terlalu jelas. Lantas, apa saja perkembangan bayi 4 bulan itu? Simak beberapa penjelasan secara lengkapnya.

Mengenal Pertumbuhan Bayi 4 Bulan

1. Memulai Berbicara

Dapat dikatakan fase cerewetnya si kecil, karena pada umur 4 bulan bayi mulai menirukan dan mencoba untuk berbicara. Hal ini biasanya melihat dari orang tua nya, sehingga pada saat inilah Anda akan menemukan momen menggemaskan dari si kecil. Tentunya membuat Anda akan lebih menikmati dan mendengar celotehannya.

Pada masa inilah sebagai orang tua mulai mengajak dan mengajarkan anak Anda untuk berkomunikasi. Memulai dengan beberapa kata yang ringan dan sederhana, seperti mengucapkan kata mama atau papa. Tidak hanya itu saja, Anda harus siap dan cepat dalam merespon apabila si kecil mengutarakan sesuatu, ini untuk membentuk kepercayaan dirinya.

2. Belajar Bersosial

Memasuki umur 4 bulan si kecil mulai tersenyum lebar dan mampu mengekspresikannya dirinya pada beberapa hal yang dilihatnya. Termasuk ketika senang, sedih, dan lelah semuanya sudah bisa dipahami secara jelas melalui tangisannya. Tidak hanya itu saja, bayi sudah mampu meniru beberapa ekspresi orang dewasa baik dari ketawa lebar dan ekspresi cemberut.

Hal ini tentunya beberapa perkembangan si kecil mulai terlihat dan dipahami oleh orang tua, pastikan Anda tidak cuek dan mulai melatihnya sejak dari kecil. Dengan kemampuan awalnya untuk meniru tersebut, pastikan Anda memperlihatkan beberapa hal yang positif supaya bayi dapat tumbuh kembang dalam keadaan sehat fisik dan mentalnya.

3. Meningkatnya Kemampuan Motorik

Pada beberapa bayi yang sudah memasuki umur 4 bulan sudah bisa melakukan beberapa tindakan baik dari mengambil barang di dekatnya, berpindah dan bergerak, mulai bisa memutar tubuhnya dari tengkurap ke telentang, dan masih banyak lagi hal-hal menggemaskan lainnya. Tentunya Anda sebagai orang tua harus memantau dan memperhatikannya.

Dalam tahap ini untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan motoriknya, orang tua dapat memilih kursi goya dan memasang mainan di atasnya. Dengan begitu dapat melatih dan membuat tangan dan penglihatannya semakin baik. Tindakan lainnya yang perlu diperhatikan untuk mengawasi tempatnya, karena pastikan sudah aman dan nyaman.

Demikianlah ulasan mengenai perkembangan bayi 4 bulan, sebagai orang tua harus terus memberikan nutris terbaiknya dan terus mengawasi tumbuh kembang si kecil.