Langkah-langkah Membuat Laporan Keuangan Sederhana Untuk UMKM

Pencatatan laporan keuangan sangat penting untuk UMKM. Sayangnya masih banyak yang menganggap hal ini sepele karena masih merupakan UMKM salah satu alasannya adalah pelaporan keuangan sangat kompleks dan memakan waktu. Padahal sebenarnya, UMKM hanya membutuhkan laporan keuangan sederhana asalkan mudah dimengerti. Pencatatan keuangan sangat dibutuhkan untuk pengembangan bisnis.

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

  1. Susun Catatan Pengeluaran

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis adalah membuat catatan pengeluaran untuk melacak pengeluaran. Lacak semua biaya dengan jelas, mulai dari pembelian barang hingga biaya tertentu. Tulis dengan jelas barang apa yang dibeli dengan dana tersebut dan simpan bukti pembayarannya.  Dengan cara ini Anda dapat melihat berapa banyak dana yang telah dikeluarkan.

  1. Susun Catatan Pemasukan

Selain pengeluaran, buatlah juga catatan pemasukan. Ini juga untuk melihat apakah dana yang masuk setara atau lebih banyak dari dana yang dikeluarkan untuk kebutuhan bisnis. Buat detail dan keterangan yang jelas mengenai dana yang masuk.

  1. Susun Catatan Kas Utama

Ini adalah kombinasi dari kas masuk dan kas keluar dalam pembuatan laporan keuangan sederhana. Tujuan dari penyusunan ini adalah untuk mencari tahu apakah bisnis mengalami kerugian atau mendapatkan keuntungan dari pemasukan dan pengeluaran tersebut.

  1. Susun Catatan Persediaan

Jika anda membuka bisnis penjualan produk berupa barang, sangat penting untuk mencatat persediaan sehingga bisa diperiksa apakah stok yang tersisa sesuai dengan setelah stok dijual. Ini juga untuk menghindari penipuan dari karyawan atau kesalahan perhitungan barang nantinya serta bisa lebih mudah menginformasikan stok ke pelanggan.

  1. Susun Catatan Inventaris

Buatlah catatan yang mencatat semua kekayaan dalam bisnis anda atau bisa dibilang sebagai aset perusahaan.

Aplikasi Keuangan Untuk UMKM

Apabila bingung dalam membuat laporan keuangan sederhana, bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan seperti Moodah. Moodah akan membantu Anda membuat laporan keuangan sesuai dengan data-data yang dimasukkan setiap harinya seperti pemasukan, pengeluaran, persediaan, hutang, piutang, dll. Moodah bisa diunduh secara gratis dan digunakan di mana saja dan kapan saja.