Keringat Anak Tidak Sedap, Ketahui Penyebab dan Solusinya

Aroma badan bayi yang baru lahir cenderung lebih enak dan membuat semua orang terdekat suka menciumnya. Seiring pertumbuhan usia, aroma badan si kecil bisa berubah kurang sedap. Apalagi anak-anak yang mulai besar dan memasuki usia pubertas, tetapi ada anak yang memang memiliki aroma badan tidak sedap sejak dini. Promo My Baby wajib Anda beli yang terbukti memiliki aroma wangi untuk si kecil.

Penyebab dan solusi atasi bau badan anak tidak sedap

Sebaiknya Anda mengetahui ragam penyebab si kecil punya bau badan tidak sedap agar bisa mencari solusi mengatasi hal tersebut. Berikut ragam penyebab bau badan anak tidak sedap sejak usia dini yang harus Anda ketahui yaitu :

1. Kebersihan yang tidak diperhatikan

Kebersihan merupakan bagian penting dalam menjaga bau badan tetap enak. Anak-anak yang mulai tumbuh aktif akan bergerak dan beraktivitas yang mengeluarkan keringat lebih banyak. Produksi keringat berlebih akan membuat bau badan menjadi lebih asam sehingga ia perlu lebih sering mandi.

2. Faktor makanan

Penyebab keringat anak memiliki aroma yang tidak sedap bisa disebabkan oleh makanan. Ada beberapa jenis makanan yang memiliki aroma kuat seperti bawang putih, makanan mengandung lemak atau gorengan, dan makanan pedas. Bila si kecil suka makanan mengandung lemak, maka kemungkinan aroma tubuh lebih tidak sedap dibandingkan anak yang suka konsumsi buah dan sayuran setiap hari.

3. Masalah kesehatan

Bisa jadi anak-anak yang masih balita memiliki aroma badan yang tidak sedap karena faktor kesehatan. Kondisi tertentu bisa memicu produksi keringat berlebihan dan menjadi sarang bakteri berkembang lebih banyak. Jika Anda sudah menerapkan pola kebersihan dan makanan bergizi pada anak, tetapi ia masih memiliki bau badan, maka hati-hati dengan sindrom bau ikan atau masalah pubertas dini pada buah hati tercinta.

Jangan tunggu lebih lama untuk membawa anak konsultasi dan melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat. Bila ada gejala anak memiliki penyakit diabetes dan hiperhidrosis, maka ia akan punya bau badan yang tidak sedap.

Perlukah memberikan anak produk deodorant khusus?

Jika anak punya bau badan yang menyengat, Anda diperbolehkan memberikan deodorant khusus yang tidak mengandung bahan kimia paraben atau alumunium. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan losion kulit dan cologne yang bisa membuat aroma badan lebih wangi. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan anak dengan rajin mandi memakai produk perawatan sabun yang tepat.

Saat musim panas, sebaiknya Anda memberikan pakaian yang lebih pendek dan bisa menyerap keringat dengan baik. Gunakan material katun yang bisa mengatasi gerah dan mencegah bakteri berkembang pada baju yang terlalu ketat. Toko online perlengkapan bayi menawarkan ragam kebutuhan si kecil yang bisa Anda sesuaikan dengan kondisi masing-masing. Beli promo My Baby yang bisa mencegah risiko bau badan menimbulkan penurunan rasa percaya diri.