Inilah 6 Tanda-Tanda Menstruasi Pertama yang Biasa Dialami Wanita

Menstruasi merupakan salah satu hal yang pasti dialami oleh wanita. Pada saat wanita berada pada fase ini artinya dia sudah memasuki masa pubertas. Umumnya, wanita akan mulai mengalami menstruasi pada usia 11 sampai 15 tahun. Datangnya menstruasi pertama ini, biasanya ditandai dengan beberapa hal. Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda menstruasi pertama yang umum dialami oleh wanita.

Pertanda Menstruasi Akan Datang

  1. Kemunculan Jerawat Meningkat

Pada saat menstruasi akan tiba, beberapa wanita akan mengalami peningkatan jerawat. Umumnya, jerawat muncul di bagian rahang, dagu, punggung, dan area lainnya. Munculnya jerawat ini karena adanya perubahan hormon yang terkait siklus reproduksi seorang wanita.

Pada saat tidak terjadi pembuahan, kadar progesteron dan estrogen menurun. Sementara itu, testosteron mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut membuat androgen merangsang produksi minyak di kelenjar sebaceous kulit. Produksi minyak yang terlalu banyak itulah yang membuat jerawat mudah muncul.

  1. Kram Perut

Kram perut merupakan tanda menstruasi paling umum dialami oleh wanita. Kram ini biasanya terjadi pada menjelang menstruasi sampai dengan beberapa hari setelah menstruasi datang. Kram yang dirasakan dapat terasa ringan dan juga berat. Kram ini biasanya dirasakan pada bagian perut bawah.

Selain kram, wanita juga akan mengalami kembung. Hal itu disebabkan karena progesteron dan estrogen mengalami perubahan kadar yang membuat tubuh harus menahan garam dan air lebih dari biasanya.

  1. Kelelahan

Pada saat menstruasi, wanita biasanya mengalami kelelahan. Hal itu disebabkan karena serotonin mengalami penurunan. Penurunan serotonin sebelum menstruasi datang ini dapat membuat tingkat energi tubuh mengalami penurunan yang besar sehingga dapat membuat mudah lelah atau kelelahan.

  1. Pengencangan Payudara

Gejala nyeri dan berat pada payudara merupakan salah satu gejala utama pra menstruasi. Jaringan payudara dapat terasa kasar atau padat saat terkena sentuhan. Ciri seperti ini biasanya muncul seminggu sebelum terjadinya menstruasi dan akan menghilang setelah pendarahan atau proses menstruasi dimulai.

  1. Mood Berubah-ubah

Sebelum menstruasi datang, wanita biasanya mengalami perubahan mood yang cukup drastis. Hal tersebut disebabkan karena estrogen dan progesteron di dalam tubuhnya mengalami fluktuasi. Pada saat progesteron menurun, wanita dapat menjadi emosional dan menangis secara tiba-tiba.

  1. Sakit Kepala

Fluktuasi hormon dapat membuat munculnya migrain dan sakit kepala. Sakit kepala dan migrain ini dapat terjadi sebelum dan juga selama menstruasi datang. Migrain ini kemungkinan dapat terjadi satu atau dua hari menjelang menstruasi dan juga pada saat tiga hari pertama saat menstruasi datang.

Itulah tadi beberapa tanda-tanda menstruasi pertama pada wanita. Bagi beberapa wanita, gejala-gejala yang di alami bisa saja terasa ringan. Namun, ada juga wanita yang mengalami gejala yang lebih terasa saat datangnya menstruasi. Untuk mengetahui lebih banyak tentang masalah kewanitaan, Anda dapat kunjungi charmgirlstalk.com.