Inilah 5 Jenis Kopi dengan Citarasa Terbaik

Buat Anda yang suka minum kopi setiap hari, pasti tidak asing dengan berbagai variasi biji kopi yang ditawarkan pasaran. Seperti yang diketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia selain Brazil, Vietnam dan negara lainnya. Anda bisa membuat secangkir kopi istimewa dengan citarasa khas Indonesia dari biji kopi lokal, lho! Coffee maker sejati pasti tahu jenis kopi dengan citarasa terbaik yang ada di Indonesia.

Jenis biji kopi terbaik asal Indonesia

Coffee maker kekinian bisa menggunakan alat pembuat kopi modern atau manual sesuai selera. Bukan hanya sekadar mesin penggiling yang mempengaruhi citarasa, tetapi varietas kopi memiliki citarasa yang berbeda. Yuk, kenali 5 jenis biji kopi terbaik asal Indonesia berikut!

1.  Kopi Arabika

Jenis kopi terbaik di Indonesia yang bisa dibudidayakan di dataran tinggi dengan perawatan yang lebih sulit. Tak heran harga kopi arabika lebih mahal dibandingkan jenis robusta yang umum di Indonesia. Keunikan jenis kopi arabika terletak pada warna yang tidak begitu pekat, lebih rendah kafein, aroma yang lebih wangi, dan asam yang rendah.

2.  Kopi Robusta

Jenis kopi yang banyak diolah produsen kopi di Indonesia dan sering diekspor ke luar negeri adalah biji kopi robusta. Robusta memiliki tingkat budidaya lebih mudah dan panen lebih cepat dibandingkan arabika. Citarasa robusta sendiri pekat dan cenderung lebih pahit sebab mengandung kafein lebih tinggi.

3.  Kopi Excelsa

Berasal dari Afrika Barat, jenis kopi excelsa bisa ditemukan di daerah Tanjung Jabung Barat, provinsi Jambi. Harga yang ditawarkan untuk kopi excelsa lebih mahal dibandingkan arabika dan robusta karena rentan terserang penyakit saat proses budidaya.

4.  Kopi Liberika

Merupakan jenis kopi yang mulai jarang diproduksi oleh petani Indonesia karena ongkos perawatan lebih mahal dan gampang terserang penyakit. Kopi liberika yang masih basah juga alami penyusutan hingga 10 persen pada masa penjemuran. Dari segi cita rasa, kopi liberika kurang diminati oleh masyarakat sehingga produksinya berkurang hanya 2 persen di dunia.

5.  Kopi Luwak

Merupakan jenis kopi arabika yang diproduksi lewat cara paling unik di dunia yaitu melalui saluran pencernaan luwak sejak abad ke-18. Kopi yang tidak tercerna dalam feses luwak akan dibersihkan hingga menjadi kopi yang memiliki citarasa halus. Tak heran kalau kopi luwak dihargai ratusan ribu hingga jutaan rupiah per cangkir di luar negeri, lho!

Jenis kopi di Indonesia memang didominasi jenis arabika dan robusta, tetapi Anda bisa menemukan dan mencoba jenis kopi lain, bukan? Coffee maker bisa menikmati secangkir kopi dari biji kopi lokal yang berkualitas di seluruh Indonesia. Kopi Gayo, Kopi Lampung, Kopi Toraja, Kopi Temanggung, atau kopi lokal daerah lain, kenapa tidak? Yuk, nikmati kearifan lokal dengan komoditas terbesar di negeri sendiri.