Gejala Kanker Otak dan 6 Pilihan Pengobatan Tercepatnya ala SehatQ.com

Kanker otak merupakan kondisi di mana sel-sel abnormal menjadi ganas di bagian otak. Kanker ini bisa menyebar dengan cepat ke bagian organ lainnya, hingga bisa menyebabkan kelumpuhan. Jenis kanker otak ada primer dari otak dan sekunder kanker yang berasal dari organ lainnya. Berikut ini gejala dan pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi kanker.

Gejala Kanker Otak yang bisa dialami

1. Sakit kepala sampai mengalami masalah ingatan dalam tingkat kronisnya.

2. Kejang bahkan sampai terjadi kelemahan otot dan mati rasa di beberapa bagian tubuh.

3. Gangguan penglihatan sampai kesulitan bicara seperti mengalami stroke.

4. Mengalami mual dan muntah yang bisa semakin parah sampai keluarnya darah.

5. Kehilangan keseimbangan dan mengalami masalah koordinasi anggota tubuh. Bahkan bisa mengalami kesulitan berjalan.

Pengobatan untuk Mengatasi Kanker Otak

1. Prosedur Pembedahan

Pengobatan kanker ini dengan menggunakan prosedur pembedahan untuk mengangkat sel kankernya. Prosedurnya bisa dengan metode kraniotomi, transsphenoidal surgery, dan neuroendoskopi.

Prosedur pembedahan dimulai dengan bius umum, lalu dimulai dari bagian tempurung kepala, lalu pemotongan jaringan sel kankernya. Tindakan pembedahan berlangsung selama 3 jam dan tidak memerlukan transfusi darah.

2. Radioterapi

Cara pengobatan kanker otak juga bisa dilakukan dengan radioterapi yang menggunakan sinar tinggi. Pengobatan diarahkan ke bagian sel kankernya, sehingga mampu menghentikannya. Cara pengobatan ini menjadi solusi untuk sel kanker yang tidak bisa dihilangkan dengan menggunakan pembedahan.

Radioterapi ini terdiri dari radiasi sinar eksternal yang fokus pada perawatan anggota tubuh. Radiasi internal sasarannya pada jaringan kanker secara permanen ataupun sementara. Pilihannya tentu setelah dilakukan pemeriksaan pada sel kankernya.

3. Kemoterapi

Pengobatan berikutnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan obat-obatan anti kanker yang akan membunuh sel-sel kanker. Pengobatan ini sekaligus mencegah tumor atau kankernya tumbuh kembali.

Kemoterapi ini bisa membantu untuk memperpanjang usia harapan hidup bagi penderita. Obat kemoterapi ini bisa dilakukan melalui oral atau pun intravena. Tindakan kemoterapi ini menggunakan sinar X untuk memusnahkan kanker di dalam tubuh.

4. Biopsi

Biopsi juga menjadi salah satu cara untuk penanganan kanker otak. Tindakan ini dilakukan setelah pengambilan sampel jaringan yang ada di otak dan dilakukan pemeriksaan di laboratorium.

Hasil dari biopsi akan didapatkan sekitar 2-3 hari dan paling lama sampai 10 hari. Tindakan biopsi dilakukan dengan menggunakan jarum halus, lama waktunya disesuaikan dengan tingkat keparahan kanker yang dialami.

5. Obat Biologis

Pengobatan kanker ini juga bisa menggunakan obat biologis yang akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Obat yang biasanya digunakan adalah bevacizumab yang cara kerjanya dapat menghentikan pertumbuhan pembuluh darah pemicu kanker.

Jenis obat lain yang bisa digunakan Kortikosteroid. yang manfaatnya untuk mengatasi pembengkakan di bagian otak, sehingga gejala kanker bisa mereda. Ada juga obat Antikonvulsan yang dapat mencegah terjadinya kejang pada penderita kankernya. Jenis obat yang digunakan tentunya berdasarkan hasil pemeriksaan dari dokter spesialis kankernya.

6. Imunoterapi

Imunoterapi merupakan langkah pengobatan yang juga bisa dilakukan untuk mengatasi kanker otak. Pengobatan ini menggunakan sel darah putih, organ, dan jaringan yang diambil dari sistem limfatik. Cara kerja pengobatan ini akan membantu memperkuat sistem imun tubuh untuk melawan sel kanker dan berbagai masalah infeksi lainnya.

Gejala kanker otak tidak terjadi secara sekaligus pada si penderitanya. Info penyakit kanker dengan pengobatannya ini menjadi gambaran untuk melakukan penanganan yang tepat. Apa pun jenis penyakitnya tetap harus ada motivasi dan semangat untuk sembuh agar tidak mengalami drop. Lakukan pemeriksaan sedini mungkin sebelum sel kanker semakin berbahaya.