5 Tips Bangun Portofolio Desain setelah Ikut Kartu Prakerja Gelombang 18

Pemerintah akan segera membuka kembali program Kartu Prakerja Gelombang 18. Sama seperti sebelumnya, program ini akan memberikan banyak pelatihan kepada masyarakat agar lebih siap menghadapi dunia kerja. Salah satu program pelatihan yang ditawarkan berkaitan dengan dunia desain. Bidang ini memiliki banyak peminat dan terbukti memang mempunyai banyak peluang karier.

Membangun Portofolio Desain

Bagi Anda yang tertarik menekuni dunia desain dan ingin bekerja di bidang ini, sangatlah penting untuk membangun portofolio. Portofolio ini memegang peran penting untuk menunjukan sejauh apa kemampuan Anda di bidang desain. Berikut adalah 5 tips membangun portofolio desain yang bagus dan efektif:

  1. Tunjukan Identitas Desain

Portofolio ini nantinya akan menjadi gambaran bagi orang lain dalam melihat potensi Anda. Lewat dokumen ini orang lain dapat memberikan penilaian mengenai desain yang Anda buat. Oleh sebab itu, cobalah untuk menunjukan identitas desain karena setiap desainer pasti memiliki karakter karya yang berbeda-beda.

Bagaimana caranya menunjukkan identitas desain tersebut? Mudah saja, hanya masukkan desain yang memang Anda sukai. Ini akan menjadi petunjuk bagi orang lain untuk mengetahui gaya atau karakter desain Anda. Mereka pun bisa menilai apakah gaya desain Anda sesuai dengan yang dibutuhkan atau tidak.

  1. Sertakan Cerita

Demi meningkatkan nilai dari portofolio yang Anda miliki, cobalah untuk menyertakan sedikit cerita. Tampilkan cerita dari setiap desain yang Anda buat. Ini akan membantu memperkuat kesan dari desain yang dihasilkan tadi. Nilai desain Anda bisa bertambah berkat dukungan cerita yang tersimpan di baliknya. Cerita ini juga bisa mempermudah orang lain memahami maksud dari desain Anda.

  1. Sertakan Proses Pembuatan

Tak ada salahnya menyertakan proses pembuatan desain untuk memberikan nilai lebih. Tampilkan bagaimana step by step pembuatan desain agar desain tersebut memiliki nilai dan bisa jauh lebih dihargai. Jika Anda membuat sketsa pensil dari desain tersebut maka sertakan saja sketsanya. Tunjukkan juga perkembangan proses desain dari bentuk sketsa pensil ke bentuk digital.

Dengan menyertakan proses pembuatan desain, Anda juga bisa menunjukkan sejauh apa kemampuan yang dimiliki. Nantinya orang yang melihat portofolio tahu keterampilan apa saja yang Anda punya. Agar keterampilan Anda dalam membuat desain semakin bertambah, ambillah program pelatihan prakerja yang mendukung. Anda bisa beli pelatihan di Maubelajarapa untuk mendalami pembuatan desain.

  1. Gunakan Platform yang Tepat

Portofolio saat ini bisa diunggah di berbagai platform. Anda bisa membuat website pribadi untuk menampilkan portofolio desain yang Anda miliki. Bahkan ini bisa memberi poin lebih bagi Anda. Orang bisa melihat hasil desain sekaligus kemampuan Anda dalam mengelola website tersebut.

Berhubungan dengan pengelolaan website, Anda bisa beli pelatihan di Tokopedia saat ikut prakerja nanti. Program tersebut ditawarkan oleh mitra PAKAR dengan nama “Belajar Membuat Website E-Commerce Menggunakan WordPress untuk Menjadi Desainer Website”.

Informasi lengkap mengenai program ini langsung dilihat saja di sini: https://lms.pakar.co.id/courses/belajar-membuat-website-e-commerce-menggunakan-wordpress-untuk-menjadi-desainer-website/

  1. Sesuaikan dengan Tujuan

Pembuatan porfotolio desain juga perlu menyesuaikan tujuan Anda. Apabila portofolio ini akan digunakan untuk keperluan melamar pekerjaan maka sesuaikan dengan kebutuhan tersebut. Misalnya, Anda bisa menunjukkan hasil desain yang sesuai dengan kebutuhan penyedia kerja. Cara ini akan jauh lebih efektif karena Anda menunjukkan keterampilan yang memang dibutuhkan sesuai sasaran.

Program Kartu Prakerja Gelombang 18 siap memfasilitasi Anda untuk meningkatkan keterampilan desain. Program ini akan dibuka bulan Agustus dan kuota peserta ditambah sebanyak 2,8 juta dari kuota sebelumnya. Siapa saja boleh ikut asalkan memenuhi syarat dan mengikuti prosedur yang ditetapkan.

Saya juga telah menjadi salah satu penerima kartu prakerja dan saya rasa program ini begitu bermanfaat. Dari program ini saya mendapat banyak ilmu mengenai pembuatan desain website yang baik dan menarik. Saya beli pelatihan di Pintaria dan mengambil program pembuatan desain website. Program tersebut disediakan oleh mitra PAKAR yang sudah terbukti berkualitas dengan tenaga mentor terbaik.

Untuk menyambut pembukaan program Kartu Prakerja Gelombang 18, segera persiapkan diri sekarang juga. Setelah lolos nanti, langsung beli pelatihan di Bukalapak agar bisa mengikuti program dari PAKAR. Bukan hanya ikut pelatihan, juga dengan mengikuti pelatihan ini Anda bisa mendapatkan pulsa gratis!