3 Manfaat Sunat Perempuan dari Segi Medis  

Sunat perempuan di tengah-tengah masyarakat masih menjadi bahan pembicaraan yang masih membingungkan. Apakah diperbolehkan atau tidak. Selain itu, adanya berbagai macam proses pembedahan yang dilakukan yang masih kontroversi membuat masyarakat semakin bingung akan pentingnya dan manfaatnya. Oleh karena itu, simak informasi berikut ini.

1.             Membersihkan Kotoran

Pada umumnya, sunat ini bisa membersihkan kotoran yang biasa ada pada bagian alat kelamin. Kotoran ini biasa disebut sebagai smegma. Smegma adalah kotoran yang berwarna putih dan biasa ada di daerah klitoris.

Kotoran ini biasanya ada pada bagian tubuh yang terlipat layaknya kotoran pada bagian daun telinga. Smegma sendiri bisa ada dikarenakan adanya penumpukan sisa cairan lubrikasi yang biasa diproduksi oleh tubuh terutama saat tubuh terangsang.

Penumpukan ini bisa bercampur dengan minyak yang juga diproduksi tubuh serta bakteri-bakteri yang biasa ada di daerah kelamin. Apabila tidak dibersihkan dengan rutin dan benar, dapat menyebabkan penumpukan yang mengakibatkan smegma sulit dihilangkan dan terasa nyeri serta perih. Oleh karena itu, proses penyunatan ini bisa mencegah terjadinya penumpukan smegma.

2.             Memberikan Daya Tarik

Ada penelitian yang dilakukan di Inggris bahwasanya bayi baru lahir yang dilakukan penyunatan dapat memberikan daya tarik tersendiri. Hal ini dikarenakan pada saat anak beranjak dewasa dan memiliki klitoris terbuka, dengan tindakan hoodectomy memiliki tingkat kepuasan seksual yang lebih tinggi mencapai 97,2 persen dibandingkan yang tidak.

Dengan begitu, dapat meningkatkan kepuasan seksual pasangan prianya setelah menikah nanti. Pasca tindakan bisa saja terjadi komplikasi yang dapat menyebabkan infeksi dan pembengkakan.

Namun, hal ini dapat diminimalisir oleh tenaga medis dengan memberikan obat-obatan dan tindakan asepsis. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembedahan harus dilakukan oleh tenaga profesional.

3.             Mengontrol Gairah Seksual

Ada penelitian yang dilakukan di Inggris juga bahwasanya sunat bisa dengan tujuan mengontrol gairah seksual seorang perempuan pada usia muda. Sedangkan manfaat bagi wanita yang sudah menikah dapat membantu dan mempermudah wanita mencapai orgasme saat berhubungan intim dengan pasangannya.

Adanya manfaat berupa pengontrolan rasa gairah seksual ini bisa memberikan dampak agar tidak terjadi perilaku yang buruk yang diakibatkan oleh penyaluran gairah seksual yang tidak tepat.

Tentu hal ini juga sejalan dengan syariat dari ajaran Rasulullah yakni termasuk memperbaiki akhlak ketika sudah dewasa. Demikianlah beberapa informasi yang bisa dipelajari dari manfaat proses penyunatan ini. Anda boleh melakukannya dan boleh juga tidak melakukannya.

Bagi anak yang memiliki anatomi khusus ada baiknya untuk melakukannya. Asal dengan proses tindakan dari sunat perempuan yang ditujukan untuk bayi wanita yang klitorisnya ditutupi oleh kulup ini dilakukan dengan cara menggores kulit yang menutupi bagian depan klitoris menggunakan ujung jarum steril, tanpa sedikit pun melukai klitoria. Tentu hal ini berbeda dengan Female Genital Mutilation yang menghilangkan secara total atau sebagian organ genital eksternal wanita.