3 Dampak Negatif Emisi Karbon, Harus Jadi Perhatian!

Emisi  karbon merupakan proses pelepasan gas karbon ke udara dihasilkan oleh gas buangan dan hasil pembakaran. Tentu saja akan mengakibatkan pencemaran lingkungan yang akan membawa dampak negatif di masa mendatang.

Itulah sebabnya mengapa banyak negara yang kemudian mengambil langkah preventif agar emisi karbon ini nilainya berkurang. Sebab, dapat membuat kualitas lingkungan dari tahun ke tahun.

Apakah anda ingin mengetahui dampak negatif dari emisi karbon ini?  Anda dapat membaca uraian di bawah ini tentang penurunan kualitas lingkungan yang disebabkan oleh emisi karbon.

Dampak Negatif Emisi Karbon

Pada kenyataan dampak negatif emisi karbon tidak hanya dirasakan pada sektor lingkungan saja. Tetapi lama-kelamaan akan merambah ke sektor ekonomi karena mampu menurunkan produktivitas pertanian.

Dampak Lingkungan

Tentu saja emisi karbon berhubungan erat dengan dampak negatif yang dirasakan lingkungan baik secara langsung maupun tidak. Adapun efek negatifnya adalah sebagai berikut:

  • Adanya penurunan kualitas air yang disebabkan oleh reaksi gas buangan dengan uap air di udara.
  • Terdapat potensi kerusakan tanah karena gas buangan di udara turun dan terakumulasi menjadi pencemar.
  • Terjadinya penurunan kualitas lahan pertanian yang disebabkan matinya bakteri baik karena hujan asam
  • Kualitas tanaman pun akan turun terutama ketika terjadi hujan asam serta perubahan cuaca
  • Potensi gagal panen di seluruh daerah akan semakin meningkat disebabkan karena perubahan musim yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya

Dampak Kesehatan

Emisi karbon secara tidak langsung mempengaruhi kesehatan manusia. Bahkan merambat ke hewan peternakan dan domestik. Adapun dampaknya adalah sebagai berikut:

  • Terdapat kemungkinan kualitas air menurun sehingga kebutuhan dasar manusia dan hewan tidak terpenuhi dengan baik
  • Resiko penyakit pernapasan akan semakin naik karena banyaknya gas buangan yang masuk ke dalam paru-paru
  • Munculnya penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas
  • Hewan peternakan dan domestik juga bisa dipengaruhi oleh emisi karbon Keduanya bisa mengalami penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan sehingga membutuhkan pertolongan profesional

Dampak Ekonomi

Emisi karbon juga mempengaruhi ekonomi secara jangka panjang. Hal ini dapat terlihat dari beberapa gejala di bawah ini:

  • Adanya perubahan musim bertani dan musim panen pada bidang pertanian. Diperlukan banyak modifikasi cuaca dan peningkatan kualitas yang membutuhkan dana
  • Ketersediaan sumber daya alam semakin terbatas yang menyebabkan harganya pun menjadi semakin mahal
  • Timbulnya cuaca ekstrem yang bisa mengakibatkan perubahan pola hidup. Sehingga bisa jadi berpotensi untuk mematikan nilai ekonomi suatu daerah

Dengan banyaknya dampak negatif yang dihasilkan oleh emisi karbon, maka alangkah baiknya jika Anda mulai memikirkan langkah apa yang bisa dilakukan sebagai bagian perilaku ramah lingkungan.

Karena sebenarnya kualitas lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Bukan hanya lembaga yang peduli terhadap hal tersebut ataupun pelaku usaha yang terlibat langsung dalam eksploitasi dan konservasi.